Workshop Geopark Nasional

Workshop: Evaluasi & Revalidasi Geopark

Pusat Survei Geologi dibawah Badan Geologi Kementerian ESDM, menyelenggarakan kegiatan workshop dengan tema Geopark Evaluation & Revalidation” pada 17-18 Juli 2023 di Kebumen.

Badan Geologi melalui Pusat Survei Geologi dalam pelaksanaan proses pengawasan dan penetapan Geopark Nasional telah membentuk Tim Verifikasi Geopark Nasional (TVGN) yang beranggotakan para pakar dari berbagai instansi. Tujuan diadakannya kegiatan workshop adalah agar anggota Tim Verifikasi Geopark Nasional (TVGN) memiliki acuan yang sama dalam melakukan penilaian penetapan, pemantauan dan evaluasi geopark nasional.

Adapun yang menjadi Narasumber utama pada workshop ini adalah Dr. Guy Martini yang merupakan general secretary dari UNESCO Geopark Global Network (GGN) dimana beliau mengenai proses evaluasi dan revalidasi UNESCO Geopark Global. Tidak kalah penting juga, tiga narasumber lain juga turut mengisi dalam acara workshop ini antara lain Ir. Hanang Samodra, M.Si yang membahas tentang penetapan geopark nasional, Dr. Ir. Yun Yunus Kusumahbrata, M.Sc yang membahas mengenai Petunjuk Teknis Pemantauan dan Evaluasi Geopark Nasional, serta Prof. Ir. Mega Rosana Fatimah, M.Sc, P.hd yang membahas tentang Pedoman Penilai Geopark Nasional.

Diharapkan melalui workshop ini, anggota TVGN semakin paham terkait proses evaluasi dan revalidasi Geopark Global UNESCO, kriteria geopark nasional, kelengkapan dokumen, tahapan dan proses penilaian geopark nasional sesuai dengan Petunjuk Teknis Pengusulan Penetapan, Pemantauan, dan Evaluasi Geopark Nasional. Sehingga dapat membimbing dan mengawal pemerintah daerah yang akan ataupun sedang dalam proses mengajukan sebagai Geopark Nasonal dengan baik. (Penulis: Hardikna Agasta)


Posted

in

by