Verifikasi Usulan Warisan Geologi Danau Poso – Sulawesi Tengah

Verifikasi Usulan Warisan Geologi Danau Poso

Danau Poso adalah Danau Purba di Jantung Sulawesi yang memiliki keanekaragaman hayati , keunikan geologi dan kekayaan kebudayaan.

Dalam rangka melestarikan dan menjaga Danau Poso, komunitas di Danau Poso dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengajukan usulan Danau Poso sebagai Geopark Danau Poso.

Dokumen Warisan Geologi Danau Poso telah diserahkan kepada Badan Geologi, Kementerian ESDM  pada Oktober 2022. Dokumen Warisan Geologi disusun tim Ekspedisi Poso hasil dari 2 kali perjalanan keliling Danau Poso tahun 2019-2020. Sebuah perjalanan untuk mencatat potensi bencana dan keanekaragaman di Danau Poso hingga ke Poso Kota. Tim ekspedisi  Poso terdiri dari nelayan, petani, agamawan, tokoh adat dan akademisi dan peneliti dari berbagai disiplin ilmu seperti geologi, biologi, arkeologi dan antropologi.

Perjalanan panjang usulan komunitas Danau Poso dan Pemerintah Provinsi direspon dengan dibentuknya tim verivikasi lapangan Badan Geologi, Kementerian ESDM.

Selama 2 pekan di bulan Maret 2023  tim Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM meninjau dan menilai 20 situs warisan geologi di Danau Poso yang diajukan dalam Dokumen Warisan Geologi. Mereka menjelajahi situs-situs geologi di sekitar Danau Poso, beberapa desa di Kecamatan Pamona Utara, Lembah Bada dan Lore Tengah.

Tim mengunjungi Padamarari Triangular Facet,

Pantai Siuri, Kompleks Goa Torau, Saluopa Travertin atau Air Terjun Saluopa, Watu mPangasa Angga, Tebing Petirodongi, Posunga Conical Hill, Goa Pamona, Goa Latea, Ceruk Tangkaboba, Goa Wawondoda 1 dan Goa Waondoda 2, Taman Wisata Alam Bancea atau Tando Bancea, Goa Watu Makilo desa Boe, Ue Datu kelurahan Pamona, Situs Lamusa, Situs Kandela di desa Tindoli.

Dalam perjalanan ini, ditemukan  lebih banyak situs geologi yang penting untuk memahami bagaimana proses pembentukan pulau Sulawesi dimasa lalu.

Goa Korobono di desa Korobono, Goa Tangkadao, Dolmen Toinasa, Jalan penghubung desa Kuku – desa Panjoka, Tebing desa Bomba,  Air Panas Lengkeka, Tebing Taripa – Didiri di jalur trans Sulawesi, Situs megalith di lembah Bada.

Menetapkan Danau Poso menjadi warisan geologi  lalu menjadi Geopark Danau Poso yang merujuk pada peraturan pemerintah, punya kedekatan dengan bagaimana orang Poso melihat dan memaknai Danau Poso .

Bagi masyarakat di sekitar Danau Poso, Danau Poso bukanlah sekedar kumpulan air, namun danau Poso adalah sebuah kehidupan.

Kehidupan yang menciptakan kebudayaan, menciptakan ekosistem sosial ekonomi , dengan sejarah yang istimewa sebagai danau purba di jantung Sulawesi. Karena itu, masyarakat Danau Poso menyambut rencana penetapan Warisan Geologi Danau Poso , menuju Geopark Danau Poso.

Sumber : Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, KESDM dan Institut Mosintuwu


Posted

in

,

by