Survei Pemetaan Patahan Aktif, Penyelidikan Pemetaan Mikrozonasi dan Geofisika daerah Jawa Barat

Pusat Survei Geologi, Badan Geologi awal Tahun 2024 ini Melakukan Survei Pemetaan Patahan Aktif Wilayah Administrasi Kabupaten dan Kota diantaranya Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi serta Penyelidikan Pemetaan Mikrozonasi  dan Geofisika Patahan Aktif Daerah Cimandiri Sukabumi dan sekitarnya, Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini Kepala Pusat Survei Geologi melakukan monitoring kegiatan Tim Lapangan Pusat Survei Geologi – Badan Geologi, KESDM yang tengah melakukan penyelidikan diantaranya Tim Survei Pemetaan Patahan Aktif Daerah Kab. Cianjur, Kab. dan Kota Sukabumi serta Penyelidikan Pemetaan Mikrozonasi  dan Geofisika Patahan Aktif Daerah Cimandiri Sukabumi dan sekitarnya, Jawa Barat.

Maksud dan Tujuan dari kegiatan ini :

• Pemetaan Patahan Aktif dengan pendekatan penelitian geologi, kinematika struktur geologi (sesar), deliniasi arah kelurusan, pembuatan titik-titik dasar (Benchmark) untuk pemantauan deformasi dan pengamatan sesar secara khusus dengan tujuan akhir Untuk menentukan arah,panjang, jenis,segmen dan menentukan aktif serta potensial aktif patahan-patahan tersebut nantinya pada daerah wilayah pemetaan.
• Melakukan Pemetaan mikrozonasi daerah kota Sukabumi, daerah Pelabuhan Ratu dan daerah Cibadak. Ketiga Daerah tersebut di lalui beberapa patahan aktif.
• Mengidentifikasi daerah yang rentan terhadap goncangan gempa bumi yang di sebabkan patahan aktif yang ada di daerah tersebut.
• Mendukung Pembuatan Peta Patahan Aktif daerah Sukabumi berdasarkan data gaya berat
• Mengetahui letak dari Sesar Cimandiri berdasarkan analisis First Horizontal Derivative dan Second Vertical Derivative dari data anomali gayaberat
• Mengetahui kedalaman anomali regional dan residual berdasarkan hasil analisis spektrum data anomali gayaberat
• Mengetahui jenis dan arah orientasi Sesar Cimandiri
• Mengetahui karakteristik gempa yang menjadi pengontrol aktivitas Sesar Cimandiri.

Diharapkan hasil dari pemetaan dan penyelidikan ini nantinya dapat mendukung pembangunan dan rekomendasi pada pengembangan wilayah serta perencanaan mitigasi bencana.


Posted

in

by