Pembangunan Pusat Informasi Geologi (PIG) Geopark Tambora

Pertemuan antara Kepala Pusat Survei Geologi (Bpk. Hermansyah) dan Wakil Bupati Bima (Bpk. Dahlan M. Noer) pada pertemuan tersebut membahas terkait Pusat Informasi Geologi (PIG) Geopark Tambora yang nantinya akan di serahkan dan dikelolah oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bima, sementara itu kunjungan Kepala PSG dan Tim PSG melihat kontruksi dan hasil finalisasi pengerjaan PIG Geopark Tambora yang nantinya akan di serahkan ke Pemda Kabupaten Bima.

Pusat Informasi Geologi (PIG) Geopark Tambora dibangun pada tahun 2023, Pembangunan ini diprakarsai oleh Badan Geologi berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Badan Pengelola Geopark Tambora.

PIG Geopark Tambora dibangun untuk memperkaya wawasan masyarakat di bidang kebumian yang meliputi keunikan geologi, terutama fenomena alam Gunung Tambora meliputi sejarah pembentukan, sumberdaya alam, bencana geologi, sejarah kehidupan di sekitar Gunung Tambora, juga mengenai Geopark Tambora. Informasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai potensi geologi baik sumberdaya maupun bencana sehingga dapat dimanfaatkan secara bijak dan membuat masyarakat lebih siap menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi.


Posted

in

by