Pemetaan Geologi Skala 1:50.000 Lembar Pejaten Pusat Survei Geologi

Pusat Survei Geologi melakukan kegiatan Pemetaan Geologi Skala 1:50.000 Lembar Pejaten yang secara administratif termasuk ke dalam Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan penyempurnaan dan pemutakhiran informasi geologi pada peta geologi interpretasi inderaan jauh skala 1:50.000 yang telah dipublikasikan sebelumnya.

Kegiatan pemetaan geologi ini meliputi pemetaan sebaran litologi, struktur geologi, pengukuran stratigrafi pada singkapan terpilih serta memetakan potensi geologi baik sumberdaya geologi maupun kebencanaan. Hasil kegiatan ini kemudian dilakukan analisis untuk menghasilkan peta geologi skala 1:50.000 yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak seperti instansi dan kementerian terkait, pemerintah daerah, akademisi, dan masyarakat luas.

Peta geologi skala 1:50.000 ini sangat dibutuhkan sebagai dasar penyusunan rencana tata ruang wilayah Kota/Kabupaten yang termasuk didalamnya geowisata, inventarisasi sumberdaya geologi dan kebencanaan. Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional menegaskan bahwa daerah Pangandaran termasuk kedalam Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Disamping itu Kabupaten Pangandaran juga baru mengalami pemekaran pada tahun 2012 sehingga masih mengalami perkembangan yang pesat.

Dukungan data geologi sangat dibutuhkan dalam menyusun rencana pengembangan wilayah kedepannya termasuk sebagai data penunjang untuk pengembangan pusat pemerintahan yang sesuai dengan kaidah tata ruang.


Posted

in

by