Monitoring Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Pusat Survei Geologi Menerima Kunjungan Institut Teknologi Sumatera

Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan kunjungan ke Pusat Survei Geologi (PSG) dalam rangka monitoring kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Rabu (22/11/2023). Kegiatan monitoring tersebut dibuka oleh Tim Kerja Sama PSG dan dihadiri oleh perwakilan dari Tim Kerja Minyak dan Gas Bumi, serta Dosen dan Mahasiswa ITERA yang terlibat dalam kegiatan MBKM tersebut.

Saat ini, terdapat 7 (tujuh) mahasiswa Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang terdaftar pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Pusat Survei Geologi. Ketujuh mahasiswa tersebut dibimbing secara langsung oleh 4 (empat) orang ahli dari Pusat Survei Geologi dengan topik yang berbeda-beda, diantaranya Achmad Fahruddin, S.T. akan membimbing mengenai Analisis Geokimia, Nurul Isnania Putri, S.T. mengenai Petrofisika, Lauti Dwita Santy, S.T., M.Sc. mengenai Provenance, serta Sukahar Eka Adi Saputra, S.T., M.Sc., Ph.D. mengenai topik Seismotektonik.

 Dalam kesempatan tersebut, Lauti Dwita Santy, S.T., M.Sc. yang sekaligus sebagai Penanggungjawab Kegiatan Rekomendasi Wilayah Kerja Migas Cekungan Lariang Tahun 2023, menjelaskan bahwa kegiatan MBKM ini dilakukan secara hybrid, dimana mahasiswa akan berkegiatan langsung bersama para pembimbing di kantor Pusat Survei Geologi selama 2 (dua) bulan, kemudian dilanjutkan dengan dibimbing secara online selama 4 (empat) bulan. Beliau juga menyampaikan bahwa setiap minggunya mahasiswa akan melakukan review dan melaporkan progress apa saja yang dilakukan, bagaimana menyelesaikannya, serta kesulitan apa yang dihadapi.

Selain membahas teknis pelaksanaan MBKM, dalam agenda monitoring tersebut juga kedua belah pihak melakukan pembahasan lanjutan rancangan naskah Perjanjian Kerja Sama antara Pusat Survei Geologi dan Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sumatera.

Kedepannya, Pusat Survei Geologi diharapkan dapat menentukan topik-topik lainnya yang dapat dikolaborasikan dengan mahasiswa melalui program MBKM. Pusat Survei Geologi juga membuka kesempatan bagi ITERA, khususnya Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Industri untuk melakukan penjajakan dengan tim kerja lainnya di bawah Pusat Survei Geologi seperti Tim Kerja Pemetaan, Tim Kerja Warisan Geologi, serta Tim Kerja Pengelolaan Laboratorium dan Sarana Penyelidikan.

Penulis: Aini Ayuningtyas


Posted

in

by