Koordinasi Memperkokoh Peran dan Kontribusi Profesi Penyelidik Bumi dalam Penyelidikan Kebumian di Indonesia

Bandung, Senin (22/7) – Koordinator Himpunan Penyelidik Bumi Indonesia (HIPBINDO), yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Survei Geologi, secara resmi menerima Surat Keputusan (SK) dari Ketua HIPBINDO. Acara penyerahan SK ini menandai dimulainya era baru dalam kepemimpinan dan koordinasi di lingkungan HIPBINDO.

 Dalam kesempatan ini, Koordinator HIPBINDO memberikan instruksi kepada para Kepala Bagian (kabag) di unit-unit Terkait SK penempatan agar para kabag di unit di lingkungan Badan Geologi untuk mengajukan permohonan ulang ke Kepala Badan Geologi.

 Selain itu, disampaikan pula mengenai pembuatan surat edaran yang ditujukan kepada para Penyelidik Bumi. Surat ini berisi ajakan untuk berkontribusi dalam penyusunan makalah ilmiah. Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para Penyelidik Bumi. Dalam pertemuan dan agenda selanjutnya, akan dilakukan penyusunan kriteria-kriteria yang akan digunakan dalam penilaian serta penyusunan naskah akademik.

 Adapun dalam pelaksanaan seminar kolaborasi antara Badan Geologi dan HIPBINDO, akan diadakan Geoseminar pada bulan Agustus mendatang. Selain itu, pelaksanaan sosialisasi juga direncanakan akan segera dilakukan pada bulan Agustus. Sosialisasi ini akan mengundang para Dinas yang ada di daerah-daerah, dengan tujuan untuk memperluas informasi dan meningkatkan koordinasi. 

Dengan berbagai agenda dan kegiatan yang direncanakan, diharapkan kontribusi dari seluruh anggota HIPBINDO dan Badan Geologi dapat semakin optimal, serta membawa manfaat besar bagi kemajuan ilmu geologi di Indonesia.


Posted

in

by