Koordinasi dan Konsultansi Pemda Kabupaten Blora Terkait Pengusulan Penetapan Warisan Geologi

Rabu (15/05), Pusat Survei Geologi di bawah Badan Geologi menyambut hangat kedatangan Kepala Bappeda Kabupaten Blora, A. Mahbub Djunaidi, bersama timnya. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi dan konsultasi terkait perkembangan hasil verifikasi dan langkah-langkah lanjutan yang dapat diambil oleh Pemerintah Kabupaten Blora untuk penetapan warisan geologi.

Pada bulan September 2023, Tim Pusat Survei Geologi telah melakukan verifikasi lapangan terhadap usulan warisan geologi Kabupaten Blora. Dari hasil verifikasi ini, sementara terdapat 15 situs yang telah dipetakan sebagai situs warisan geologi. Berdasarkan hasil ini, pemerintah daerah diharapkan dapat menindaklanjuti dengan menyusun kajian masterplan serta pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) yang bisa melibatkan berbagai instansi terkait.

Sebagai tindak lanjut dari Pemda Kabupaten Blora, FGD sedang direncanakan. Pengajuan warisan geologi ini, terutama dengan Cepu sebagai kota vokasi dari Blora, diharapkan dapat mendukung perekonomian masyarakat sekitar. Diharapkan proses ini bisa dipercepat.

Pusat Survei Geologi berkomitmen untuk mengerahkan tenaga dan upaya terbaiknya dalam mendampingi dan membantu pemerintah daerah yang mengajukan warisan geologi. Komitmen ini diharapkan dapat memperlancar proses penetapan dan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Blora serta sekitarnya.


Posted

in

by