Kolaborasi Peta Geologi Skala 1:50.000 antara Pusat Survei Geologi dan Universitas Hasanuddin

Kolaborasi antara Pusat Survei Geologi dan Universitas Hasanuddin untuk penerbitan Peta Geologi Skala 1:50.000 dilakukan di Lembar Camba dan Lembar Segeri yang, meliputi 4 Kabupaten, lebih dari 70% data telah terkumpul dari pemetaan lapangan 2000-2018 yang diverifikasi oleh Dosen Departemen Teknik Geologi Unhas. Target penyelesaian pengumpulan data adalah akhir Mei 2024, diikuti oleh interpretasi peta.

Kegiatan ini termasuk pengecekan lapangan bersama PSG dan Unhas di beberapa lokasi seperti Batas Formasi Malawa dan Tonasa, Kecamatan Bontocani untuk bijih besi dan galena, serta di dekat Malawa untuk diorit/andesit basaltic.

Lembar Camba dan Lembar Segeri dipilih karena berada di area pengembangan KSN Mamminassata, Kawasan Bantimala yang berumur Jura-Kapur, terusan dari Kawasan Geopark Maros-Pangkep, serta lokasinya di jalan poros Makassar-Bone dan Makassar-Pare Pare. Potensi sumber daya geologi melimpah seperti tambang marmer, semen, galian C, dan mineral logam seperti bijih besi.

Tujuan pengecekan lapangan bersama PSG dan Departemen Teknik Geologi Unhas adalah penentuan batas satuan batuan, struktur geologi, tatanan stratigrafi, dan prospek kebencanaan serta sumber daya di Kabupaten Bone dan Kabupaten Barru yang termasuk dalam lembar peta daerah penyelidikan. Metode SIGMA digunakan untuk pembuatan peta geologi.


Posted

in

by