Knowledge Sharing Tektonik dan Struktur Geologi Lengan Timur Pulau Sulawesi

Sehubungan dengan adanya kegiatan Hidrogen di daerah Lengan Timur Sulawesi, pada tanggal 7 November 2023 telah mengadakan Knowledge Sharing terbatas di lingkungan Pusat Survei Geologi – Badan Geologi .

Kegiatan ini telah berlangsung secara hybrid zoom dari Gedung A. Lasut VII, pada pukul 09.00 wib, dengan topik mengenai Tektonik dan Struktur Geologi Lengan Timur Pulau Sulawesi, yang disampaikan oleh: Dr. M. Maruf Mukti, ST., M.Sc. dari Pusat Riset Sumber Daya Geologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRSDG-BRIN).

Diskusi sangat menarik dimana membahas impilkasi potensial dari Tektonik dan Struktur Geologi Lengan Timur Pulau Sulawesi berdasarkan hasil – hasil penelitian terdahulu; karena selain dengan potensi bencana karena aktivitas tektonik, seperti gempa bumi, juga mengenai kondisi tektonik yang berhubungan dengan sumber daya energi migas, serta indikasi – indikasi keberadaan gas hidrogen di beberapa lajur ultramafik dan zona sesar di Sulawesi yang berpotensi menjadi sumber energi bersih. Hal tersebut perlu kajian lebih lanjut dengan harapan dapat berkolaborasi antara Pusat Survei Geologi dengan PRSDG-BRIN untuk memperoleh hasil kajian yang lebih akurat dan atau inovasi baru dalam mendukung ekplorasi energi bersih untuk mendukung Program Net Zero Emission Indonesia pada 2060.


Posted

in

by