Survei Pendahuluan PST (Passive Seismic Tomography) Majalengka

Geologist dan geophysicist Pusat Survei Geologi melakukan kegiatan survei pendahuluan PST (Passive Seismic Tomography) di sekitar daerah Majalengka yang mencakup lima kabupaten yaitu Majalengka, Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Sumedang.

Survei ini bertujuan untuk memahami kondisi struktur bawah permukaan tanah dengan memanfaatkan gelombang seismik alami yang dihasilkan oleh berbagai aktivitas alamiah, seperti gempa bumi atau gelombang ombak laut. Data yang dihasilkan dari survei ini dapat membantu dalam pemodelan dan pemahaman geologi, khususnya dalam hal distribusi kecepatan gelombang seismik di dalam bumi.

Pada survei pendahuluan ini, tim PST Pusat Survei Geologi sedang berada di lokasi sub cekungan cekungan Majalengka dimana tujuan spesifik dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan pandangan terhadap Formasi Cinambo yang tersingkap di Sungai Cilutung. Formasi Cinambo tersusun oleh perselingan batupasir dan batulempung yang dapat menjadi reservoir minyak bumi, sehingga saat pemodelan formasi batuan bawah permukaan dari hasil perekaman PST dapat diinterpretasikan dengan lebih baik. Pada lokasi ini juga, terdapat model thrust fold yang terjadi di Formasi Cinambo, sub cekungan majalengka, cekungan bogor.

Survei pendahuluan ini hanya langkah awal dalam proses PST. Pengumpulan data yang cermat dan analisis yang tepat akan memberikan hasil yang lebih akurat dalam menggambarkan struktur bawah permukaan tanah. Setelah survei pendahuluan selesai, langkah selanjutnya dapat melibatkan survei tambahan atau pengambilan sampel untuk verifikasi hasil dan pemahaman yang lebih mendalam. (Penulis: Fitriani Agustin; Editor: Hardikna Agasta)


Posted

in

by

Tags: