Badan Geologi Ajak Universitas Sumatera Utara Dukung Net Zero Emission

Medan – Pusat Survei Geologi di bawah naungan Badan Geologi mengajak Universitas Sumatera Utara (USU) untuk bersama-sama mendukung upaya Net Zero Emission (NZE) melalui orasi ilmiah yang disampaikan pada acara Dies Natalis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU ke-58. Acara tersebut bertema “Kolaborasi dan Inovasi MIPA Mendukung World Class University.” (10/11)


Dalam orasi ilmiah tersebut, Badan Geologi menyampaikan kontribusinya dalam mendukung Net-Zero Emission dengan fokus pada dua kegiatan utama. Pertama, Badan Geologi berupaya untuk melakukan penyimpanan karbon (Carbon Storage) pada saline aquifer dan batuan ultramafik. Kedua, Badan Geologi tengah mencari sumber energi baru dengan mengeksplorasi potensi hidrogen alami.
Penelitian mengenai Carbon Storage pada saline aquifer dan batuan ultramafik diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam mengurangi emisi karbon di atmosfer. Selain itu, pencarian Hidrogen alami sebagai sumber energi baru menjadi langkah progresif Badan Geologi untuk menghadapi tantangan perubahan iklim.


Badan Geologi juga membuka peluang kolaborasi dan kerjasama dengan Badan Usaha, Perguruan Tinggi, dan Asosiasi untuk berpartisipasi dalam dua strategi sektor Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Langkah ini diambil untuk mencapai tujuan Net Zero Emission dan sekaligus mendukung terbukanya ruang inovasi dalam pengembangan lebih lanjut, baik dalam bidang carbon storage maupun hidrogen alami.


Partisipasi aktif dari berbagai pihak di sektor ESDM diharapkan dapat mempercepat implementasi solusi-solusi inovatif yang mendukung Net Zero Emission. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi pelopor dalam upaya global untuk mengurangi dampak perubahan iklim melalui pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. (Penulis: Hardikna Agasta)