Alih Media Koleksi Langka, Perpustakaan Pusat Survei Geologi Gandeng Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Tim Perpustakaan Pusat Survei Geologi mengunjungi Pusat Preservasi dan Alih Media Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) di Jalan Salemba Raya No. 28A Jakarta pada Senin lalu (27/11/2023). Kunjungan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti bantuan dari Perpusnas RI terkait proses alih media koleksi Perpustakaan Pusat Survei Geologi.

Perlu diketahui bahwa sejak awal tahun 2023 ini Perpustakaan Pusat Survei Geologi mengajukan permohonan bantuan pada Pusat Preservasi dan Alih Media Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk mengalihbentukan koleksi langka dari buku fisik kedalam format digital. Permohonan bantuan tersebut bertujuan agar Perpustakaan Pusat Survei Geologi dapat mempercepat proses pengolahan koleksi disamping keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Melalui bantuan tersebut, sejauh ini telah ada 96 koleksi langka yang dialihmediakan dari dua tahap pengerjaan. Terdiri dari rapport/verslag dan overzichtskaart yang kebanyakan berupa manuskrip atau naskah hasil tulis tangan mengenai kegeologian.

Beberapa contoh halaman koleksi langka yang dialihmediakan.

Koleksi langka yang berusia lebih dari 50 tahun sebaiknya tidak dilayankan secara terbuka kepada pemustaka. Alih media koleksi perpustakaan merupakan salah satu upaya untuk melindungi fisik koleksi tersebut. Sehingga nantinya pemustaka dapat melihat koleksi dalam format digital yang tersedia di perpustakaan.

Kedepannya, Perpustakaan Pusat Survei Geologi akan terus menjalin hubungan baik dengan Perpusnas RI sebagai instansi pembina pustakawan dan perpustakaan di Indonesia. Perpustakaan Pusat Survei Geologi juga berharap kegiatan alih media koleksi ini akan menjadi langkah efektif dalam tujuannya untuk menjadi perpustakaan khusus geologi terlengkap di Indonesia.

(Penulis: Aini Ayuningtyas)


Posted

in

by