Akusisi Passive Seismic Tomography Di Wilayah Soe Dan Sekitarnya, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur

Menindaklanjuti rekomendasi Tim Kepmen Kajian Percepatan Kegiatan Eksplorasi di Wilayah Indonesia Timur tahun 2022, dan hasil penyelidikan yang telah dilakukan oleh Pusat Survei Geologi, menunjukkan adanya lead yang berkembang di daerah Timor onshore yang perlu dilakukan penggambaran bawah permukaan (subsurface imaging). Daerah yang berpotensi menunjukkan adanya lead berada di wilayah Soe dan sekitarnya, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

Kondisi geologi pulau Timor yang sebagian besar tertupi oleh batugamping yang cukup tebal menyebabkan metode seismik konvensional tidak dapat memberikan gambaran bawah permukaan yang optimal, sehingga pada tahun 2024 ini, PSG akan mengaplikasikan metode Passive Seismic Tomography (PST). Metode ini memanfaatkan sumber alami (pasif) untuk memperoleh informasi mengenai struktur interior bumi. Penggambaran bawah permukaan dengan menggunakan metode PST ini diharapkan dapat menjawab potensi perangkap yang berkembang di wilayah Timor onshore.

Saat ini tim Survei PST Timor sedang melakukan survei tinjau dan perizinan ke beberapa desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur, serta melakukan pengecekan sarana, aksesibilitas ke daerah rencana titik akuisisi PST dan sosialisasi kepada masyarakat yang didampingi oleh aparat desa.


Posted

in

by