Badan Geologi Terlibat Dalam Pre-Event Geofest Ijen UGGp Dan Serah Terima Pusat Informasi Geologi Unesco Global Geopark (UGGp) Ijen

Banyuwangi – Badan Geologi turut serta dalam rangkaian acara Pre-Event Geofest Ijen UGGp dan Serah Terima Pusat Informasi Geologi Unesco Global Geopark (UGGp) Ijen yang berlangsung dari tanggal 29 Juni hingga 1 Juli 2024. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Banyuwangi dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk General Manager UNESCO Global Geopark Ijen, Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi, perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Hadir juga Ketua Jaringan Geopark Indonesia, President UNESCO Youth Forum Geopark, Ketua Panitia Internasional Community Service, Ketua Indonesia Geopark Youth Forum, dan para penggiat geopark di UNESCO Global Geopark Ijen.

Badan Geologi, sebagai satu-satunya instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam penyediaan data dasar kebumian untuk menunjang pembangunan nasional, memiliki peran krusial dalam memastikan ketersediaan sumber daya energi dan mineral. Selain itu, Badan Geologi juga mendukung pembangunan berkelanjutan melalui penyediaan data dan informasi untuk mitigasi bencana geologi serta penataan ruang dan lingkungan.

Kabupaten Banyuwangi memiliki keragaman dan keunikan geologi yang sangat menarik, dengan bentang alam vulkanik dari selatan ke utara dan bentang alam batugamping di sudut tenggara bagian paling timur Pulau Jawa. Keindahan geologi ini, jika dipadukan dengan kekayaan hayati dan budaya setempat, dapat dikelola secara holistik untuk menciptakan konsep Geopark Ijen yang berkelanjutan.

Untuk mendukung penyebarluasan informasi geologi di Kawasan UGGp Ijen kepada masyarakat, Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM telah melakukan pekerjaan pengisian Pusat Informasi Geologi pada tahun 2023 di Kabupaten Banyuwangi. Hingga tahun 2023, Badan Geologi Kementerian ESDM telah membangun 10 Pusat Informasi Geologi sebagai dukungan visibilitas di kawasan geopark baik yang berstatus Global maupun Nasional.

Pusat Informasi Geologi ini dibangun sebagai tempat bagi masyarakat umum, khususnya masyarakat sekitar Kawasan Pusat Informasi Geologi, untuk memperoleh informasi mengenai keragaman geologi, dinamika bumi, sejarah kehidupan, potensi bencana, dan potensi sumber daya geologi beserta pemanfaatannya.

Pada tanggal 1 Juli 2024, bertempat di Politeknik Negeri Banyuwangi, dilaksanakan proses penandatanganan Naskah Hibah, Berita Acara Serah Terima (BAST), serta serah terima Barang Milik Negara berupa Pusat Informasi Geologi Kawasan Geopark Ijen yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan Geologi kepada Bupati Banyuwangi.

Kepala Pusat Survei Geologi dalam sambutannya pada acara pembukaan pre-event Geofest ini menyampaikan, “Kami berharap, melalui Pusat Informasi Geologi ini, menjadi destinasi baru yang dimanfaatkan untuk kegiatan eduwisata, seperti kegiatan Event Geofest Ijen UGGp tahun ini. Pusat Informasi Geologi ini dapat menjadi jendela informasi kebumian yang bermanfaat untuk generasi mendatang dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata dalam mendukung pengembangan UGGp Ijen. Saya harapkan pula, Pusat Informasi Geologi yang telah dibangun dan kami serahkan hari ini dapat dikelola dengan baik dan berkelanjutan.”

Dengan demikian, keberadaan Pusat Informasi Geologi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam penyebarluasan pengetahuan geologi kepada masyarakat serta mendukung pengembangan dan promosi Kawasan UGGp Ijen sebagai destinasi wisata edukatif yang berkelanjutan.


Posted

in

by