Pusat Survei Geologi merupakan Wali data peta geologi dan peta patahan aktif kebijakan satu peta juga merupakan pelaksana penetapan warisan geologi atau geo Heritage serta bagian dari gugus tugas Migas.
Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Pusat Survei Geologi berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan jujur, bersih, professional, inovatif, dan bebas dari korupsi.
Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan Pakta komitmen bersama pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.
Zona integritas adalah instansi pemerintah yang Pimpinan dan jajarannya telah berkomitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari Korupsi atau wilayah birokrasi bersih melayani melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang Prima.
Pusat survei geologi memiliki beberapa layanan dan produk diantaranya adalah:
- layanan geologi Indonesia atau geolindo
- pelayanan laboratorium
- layanan penyelidikan geofisika
- Pusat Informasi Geologi
- Perpustakaan
- Rekomendasi yang berupa Rekomendasi ke prospekan wilayah Migas serta Rekomendasi penetapan situs dan warisan geologi
Demi mewujudkan wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani Pusat Survei Geologi melakukan perubahan pada beberapa Zona Integitas antara lain:
Manajemen Perubahan
Pada area ini pusat survei geologi akan berfokus kepada beberapa hal fundamental diantaranya perencanaan dan monev seluruh area zona integritas, pengoptimalan penerapan agen perubahan, penerapan budaya kerja ASN berakhlak yang memiliki makna berorientasi pelayanan akuntabel kompeten harmonis loyal adaptif dan kolaborasi
Penataan Tatalaksana
pembangunan zona integritas pada area ini akan diwujudkan dengan dilakukan dengan pemutakhiran seluruh standar operasional prosedur serta penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.
Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur
Empat (4) hal yang akan dilakukan pada area ini yaitu revisi peta jabatan yang menjadi acuan kebutuhan dan penempatan pegawai, analisis kebutuhan diklat yang menjadi pengembangan dasar kompetensi melaksanakan coaching clinic, penetapan Kinerja individu kepada seluruh pegawai, serta melaksanakan pemutakhiran data dan informasi kepegawaian pada situs ngantor esdm.go.id
Penguatan Akuntabilitas
Hal-hal fundamental yang akan dilakukan pada area ini meliputi monev capaian kinerja bulanan, monev progress perencanaan dan penganggaran bulanan, pemutakhiran sop yang mencakup perencanaan pelaporan pengumpulan data-data dan pertanggungjawaban
Penguatan Pengawasan
Hal-hal pokok yang akan dilakukan oleh pusat survei geologi di area ini diantaranya pengendalian gratifikasi dan benturan kepentingan agar terwujud birokrasi bebas korupsi serta diadakannya sistem Pengendalian internal
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Demi mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas pada area ini akan dilakukan pemanfaatan ruangan information center sebagai pusat pelayanan di pusat survei geologi, fast respon melakukan respon cepat terkait seluruh layanan yang dimiliki pusat survei geologi, coaching clinik pengarahan pelayanan publik kepada seluruh staf, serta optimalisasi dan diseminasi informasi pelayanan publik
Hasil
Untuk area hasil akan ada dua fokus utama yang dilakukan yaitu survei persepsi korupsi survei persepsi kualitas pelayanan.
Hal-hal tersebut dilakukan untuk mengukur birokrasi yang bersih dan akuntabel serta menciptakan pelayanan publik yang prima. Zona integritas hanya akan terwujud jika semua pihak bekerja sama. Oleh karena itu, Pusat Survei Geologi akan bergerak bersama bahu-membahu untuk terus memberikan pelayanan terbaik pada publik demi mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.